Hari Minggu Biasa ke 13


Antifon Pembukaan :
* Segala bangsa bertepuk tanganlah,elukanlah Tuhan dengan sorak-sorai

Kata Pembukaan :
* Sering kita dihadapkan dengan situasi yang tak perpecahkan:penyakit yang tak dapat disembuhkan atau perpisahan yang mendadak.Kita lalu berbuat sedatap-dapatnya;berjuang melawan penyakit dan malapetaka serta saling memperteguhkan dan menghibur.Hal itu baik-baik saja sebab Tuhan menciptakan agar ciptaan Nya hidup.Kejahataan di dunia bukan hasil karya Nya tetapi diakibatkan oleh setan dan kesalahan kita.Namun berkat kebangkitan Kristus kita punya kepastian bahawa kejahataan takkan selamanya jaya.Maka cukup alasan bagi kita untuk selalu merasa bahagia dan optimistis.


Renungan Pembacaan i - Keb 1;13-15;2 :23-24
* Penulis Kitab Kebijaksanaan memuji pandangan hidup yang optistis;menurut di Tuhan telah menciptakan segala sesuatu untuk hidup dan lestari.Maut adalah hasil karya setan,musuh manusia,yang mengincarnya kerana iri hari atas kedudukannya sebagai citra Allah.Maka manusia harus berbuat jujur dan Tuhan akan membawanya masuk ke dalam kehidupaan yang takkan ada habis-habisnya.





Antarabacaan
R : Aku akan memuliakan Dikau,ya Tuhan sebab Engkau membebaskan daku
• Aku akan memuliakan dikau ya Tuhan sebab Engkau membebaskan daku dan tidak membiarkan musuh bersukacita atas kemalangan ku.Hidup ku Kau selamatkan dari maut ya Tuhan,nyawa ku telah Kau selamatkan dari alam maut,ya Tuhan,nyawa ku Kau bebaskan dari liang kubur.

* Bernyanyilah bagi Tuhan,hai orang yang dikasihiNya,persembahkan syukur kepada nama Nya yang kudus.Sesaat saja Tuhan murka tetapi baik hati seumur hidup,semalam saja aku menangis,fajar membawa sukacita.

* Dengarkanlah ya Tuhan,kasihanilah aku,tuhan,jadilah penolong bagi ku.Pakaian kabung ku Kau tanggalkan,pakaian pesta Kau kenakan pada ku.Tuhan allah ku,Engkau ku puji selama-lamanya.

Renungan Pembacaan II - 2 Kor 8 :7,9,13-15
* Karya amal yang hendaknya dilakukan oleh setiap pengikut Kristus mendapat kekuataan pada karya amal Kristus yang telah mengorbankan hidup Nya bagi keselamataan umat manusia.Persaudaraan sejati bererti saling menukar yang rohani dan yang jasmani dan dengan demikian saling mengisi kekayaan Kristus sendiri.


Renungan Pembacaan Injil - Mrk 5 :21-43
* Dua kejadian yang diceritakan di sini mempunyai ruangan lingkup yang sama;keselamataan diperoleh kerana iman.Ketika sarana-sarana insani gagal menolong,maka Yairus dan wanita sakit itu berpaling kepada Yesus.Yesus belum memiliki kekuasaan kebangkitaan Nya,tetapi daya yang ada pada Nya mewartakan keselamataan bagi semua orang yang percaya kepada Nya.
  
Pengantar Injil :
Alleuia...Alleluia...”Sabda Mu ya Tuhan adalah roh dan kehidupan.Engkau memiliki sabda kehidupan kekal...Alleluia..

Menghayati Ekaristi dalam Hidup.
Apakah yang berubah dalam hidup kita ini berkat iman akan Kristus,Sang Penyembuh?Mengingat persoalan hidup yang seakan-akan bertujuan untuk binasa,maka iman memberikan pegangan;bila didunia ini kita telah menghayati hidup Kristus,maka kepada kita dijanjikan kebangkitan.Dan keyakinan itu memberi kita keberanian untuk mendasarkan hidup kita pada cinta kasih yang takkan binasa.Berkat sakramen-sakramen,tanda iman kita,maka kita berhubungan secara pribadi dengan penguasa kehidupan.