Minggu Adven 2


Antifon Pembukaan :
* Hai bangsa di Sion,lihatlah,Tuhan akan datang menyelamatkan para bangsa.Ia akan mendengarkan para bangsa.Ia akan memperdengarkan suara nya dengan megah dan mengembirakan hati mu.

Kata Pembukaan :
Minggu yang baru lalu ini diantara kita ada yang mencapai sukses,ada yang gagal total dan ada pula yang tidak mengalami sesuatu yang istemewa.Pada hal setiap minggu biasanya kita mulai dengan rencana baru penuh harapan.Harapan itulah yang penting dalam hidup kita.Asal kita masih mempunyai harapan,maka kita masih beriman.sebab kita masih percaya bahawa Tuhan membimbing kita sebagai gembala,masih sabar terhadap kita,masih memerlukan kita sebagai pembuka jalan bagi sesama.sebab kita masih dapat mengharapkan langit dan bumi baru,dimana Yesus makin nampak dan makin hidup.

Bacaan I  - Yes 40:1-5,9-11
"Siapkanlah jalan Tuhan." Tuhan tak henti-hentinya menghibur umat-Nya.Sekalipun umat berbuat banyak kesalahan,Tuhan tetap setia akan janji-janji Nya.Asal Israel menampakkan tanda-tanda bertobat,tentu akan menemukan jalan keluar yang baru.Tuhan selalu berserta mereka.Itulah pesan gembira Nabi Yesaya.

Antarbacaan :
R : Tunjukkanlah belas kasih Mu ya Tuhan dan selamatkanlah kami.

* Aku mahu mendengarkan apa yang hendak disabdakan Allah,Tuhan.Bukanlak Ia hendak berbicara tentang damai kepada umat Nya dan orang-orang yang dikasihiNya,supaya jangan mereka kembali kepada kebodohan?Sesungguhnya keselamataan daripada Nya dekat pada orang-orang yang takut akan Dia,sehingga kemuliaan diam di negeri kita.

* Kasih dan kesetiaan akan bertemu,keadilaan dan damai sejahtera akan bercium-ciuman.Kesetiaan akan tumbuh dari bumi,dan keadilaan akan menjenguk dari langit.

*Bahkan Tuhan akan memberi hasilnya.Keadilaan akan berjalan dihadapan Nya dan akan membuat jejak kaki Nya menjadi jalan.

Bacaan II - 2 Ptr 3 : 8-14
" Kita menantikan langit baru dan bumi baru."Bila orang menangkap benar-benar erti khabar gembira,maka ia takkan sabar lagi,melainkan akan segera membuat nyata semuanya itu.Tetapi bila Tuhan sabar dengan kita,bukanlah agar kita tertidur,melainkan agar kita tidak menggunakan benar-benar kesempataan yang diberikan kepada kita dan dengan giat ikut serta membangun dunia baru.

Pengantar Injil :

Alleluia..Alleluia...Siapkanlah jalan bagi Tuhan,luruskanlah lorong-lorong Nya.Dan semua orang akan menyaksikan keselamataan yang datang dari Allah...Alleluia

Bacaan Injil - Mrk 1 :1-8
Dengan penampila pribadi dan pewartaannya Yohanes Pembaptis merupakan penjelasan atas keselamataan yang dikhabarkannya.Injil bukanlah semata-mata seatu khabar,melainkan seorang pribadi iaitu Yesus Kristus yang harus kita terima dan kita wartakan.Baptis tobat yag diwartakan Yohanes adalah suatu persiapaan di jalan keselamataan.Yesus akan melaksanakan hal yang lebih luhur lagi dalam pembaptisan dengan Roh.

Menghayati Ekaristi Dalam Hidup :
Padang gurun yang dibicarakan oleh Nabi Yesaya dan Yohanes Pembaptis mengingatkan kita akan gambaraan masyarakat kita.Jurang kurang pengertian dan egoisme memisahkan manusia dan bangsa satu sama lain.Hanya bagi nabi-nabi malapetakakah tersedia tempat di dunia ini?'datanglah seorang utusan Allah,namanya Yohanes Pembaptis.'Setiap orang hendaknya terdorong oleh peeristiwa khabar gembira.Maka bagi sesamanya ia akan menjadi bentara Yesus Kristus pewarta harapan dan kebahagiaan bagi dunia.